Networking Dalam Pendidikan

Lingkungan pendidikan adalah segala sesuatu yang ada dan terjadi di sekeliling proses pendidikan itu berlangsung, (Manusia dan lingkungan fisik). Semua keadaan lingkungan tersebut berperan dan memberikan kontribusi terhadap proses peningkatan kualitas pendidikan dan atau kualitas lulusan pendidikan. Perhatian Top Manajemen (Kepala Sekolah) seharusnya berupaya untuk mengintegrasikan sumber-sumber pendidikan dan memanfaatkannya seoptimal mungkin, sehingga semua sumber tersebut memberikan kontribusi terhadap penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas. Salah satu sumber yang perlu dikelola adalah lingkungan masyarakat atau orang tua murid, termasuk stakeholders.

Berbagai persoalan yang dihadapi oleh dunia pendidikan sampai lembaga pendidikan di era globalisasi dan desentralistik (otonomi daerah) menuntut team work yang solid antara pihak sekolah itu sendiri dengan pihak luar, baik instansi atasan maupun masyarakat. Melalui Manajemen Berbasis Sekolah, maka administrasi hubungan sekolah dengan masyarakat menjadi kunci sukses di dalamnya. Dan ketika hubungan sekolah dengan masyarakat ini dapat berjalan harmonis dan dinamis dengan sifat pedagogis, sosiologis dan produktif, maka diharapkan tercapai tujuan utama yaitu terlaksananya proses pendidikan di sekolah secara produktif, efektif, efisien dan berhasil sehingga menghasilkan out-put yang berkualitas secara inteletual, spritual dan sosial.

Memiliki Networking atau Jaringan adalah salah satu hal yang sangat penting yang mendukung keberhasilan dunia pendidikan. Sebagai mahluk sosial, pada dasarnya perlu adanya sosialisasi atau hubungan baik antara sesama manusia, baik di lingkungan terkecil seperti rumah tangga, keluarga, kerabat, teman kerja dan lainnya.

Di dalam dunia bisnis maupun dalam dunia pendidikan sangat penting memiliki TRUST, yaitu kepercayaan. Jika kita belum mengenal seseorang, maka kitapun tidak akan langsung percaya dengan seseorang tersebut. Sebaliknya jika kita telah mengenal seseorang, maka kita pun tidak ragu untuk percaya dengan seseorang tersebut. Dari sini terlihat bahwa, siapa yang memiliki banyak Networking, maka dia akan memiliki peluang besar berhasil dalam karir dan kehidupannya. Karena itu dimanapun kita berada, sebaiknya kita menjalin hubungan yang baik dengan siapapun, tentunya bergaul dengan orang-orang yang tidak memberikan pengaruh buruk dalam hidup kita.

About these ads
Explore posts in the same categories: Kajian

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: