Bimbingan Konseling

A. Pengertian Bimbingan Konseling
Bimbingan adalah merupakan bantuan yang diberikan kepada siswa dalam rangka upaya menemukan pribadi, mengenal lingkungan, dan merencanakan masa depan. Sedangkan konseling adalah merupkan inti terpenting dari bimbingan yang berupa hubungan timbal balik antar dua individu. Dari kudua pengetian ini dapat di ambil kesimpulan bahwa bimbingan konseling adalah merupakan bantuan yang diberikan kepada siswa dalam rangka upaya menemukan pribadi, mengenal lingkungan, dan merencanakan masa depan, sehingga terjadi hubungan timbal balik antar dua individu.
B. Fungsi Dan Tujuan Bimbingan Konseling
Bimbingan konseling berfungsi sebagai preventif ( pencegahn ), pemahaman, perbaikan, pemeliharaan, serta pengembangan pada diri siwa. Sedangkan tujuan dari bimbingan konseling secara umum adalah agar terwujudnya manusia seutuhnya yang cerdas, beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME dan berbudi pekerti yang luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri, serta tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.
Adapun tujuan khusus dari bimbingan konseling adalah dalam rangka mengembangkan aspek perkembangan pribadi-sosial, aspek perkembangan belajar, dan aspek perkembangan karir.

C. Asas-Asas Bimbingan Konseling
Dalam bimbingan konseling terdapat beberapa asas yang harus di perhatikan yatiu Asas kerahasiaan, Asas kesukarelaan, Asas kekinian, Asas kemandirian, Asas kegiatan, Asas kedinamisan, Asas keterpaduan, Asas kenormatifan, Asas keahlian, Asas alih tangan, serta Asas tutwuri handayani
D. Bidang-Bidang Bimbingan Konseling
Bidang-bidang bimbingan konseling meliputi bidang bimbingan pribadi-sosial, bidang bimbingan belajar, dan bidang bimbingan karir.
Bidang bimbingan pribadi-sosial adalah bimbingan yang membantu siswa menemukan dan mengembangkan pribadi yang beriman dan bertakwa kepada Allah, mantap, mandiri, serta sehat jasmani dan ruhani.
Bidang bimbingan sosial adalah bimbingan yang membantu siswa mengenal dan berhubungan dengan lingkungan social yang dilandasi akhlaq karimah, tanggung jawab kemasyarakatan dan kenegaraan.
Bidang bimbingan belajar adalah bimbingan yang membantu siswa mengembangkan diri, sikap, dan kebiasaan belajar yang baik, untuk menguasai pengetahuan dan keterampilan serta menyiapkannya melanjutkan pendidikan pada tingkat yang lebih tinggi.
Bidang bimbingan karir adalah bimbingan yang membantu dalam mempersiapkan diri dalam menghadapi dunia pekerjaan, memilih lapangan pekerjaan, serta membekali diri supaya supaya siap membantu jabatan.
E. Jenis Layanan Dan Kegiatan Bimbingan Konseling
Layanan dan kegiatan bimbingan konseling terdiri dari layanan orientasi, layanan informasi, layanan penempatan dan penyaluran, layanan bimbingan belajar, layanan konseling perseorangan, layanan bimbingan kelompok, dan layanan konseling kelompok.
Layanan orientasi merupakan layanan bimbingan dan konseling yang memunkinkan peserta didik dalam memahami lingkungan yang baru dimasuki, untuk mempermudah dan memperlancar perannya di lingkungan yang baru. Kegiatan layanan ini meliputi pengenalan lingkungan, fasilitas, peraturan, hak-hak dan kewajiban, serta kegiatan-kegiatan.
Layanan informasi merupakan layanan bimbingan yang memunkinkan peserta didik dapat menerima dan memahami informasi yang dapat dipergunakan sebagai bahan pertimbangan dan pengambilan keputusan. Kegiatan layanan ini meliputi masalah nilai-nilai, kesehatan, perkembangan teknologi, budaya, tips-tips, serta perkembangan trend.
Layanan penempatan dan penyaluran merupakan layanan bimbingan yang memungkinkan peserta didik memperoleh penempatan dan penyaluran yang tepat sesuai dengan potensi, bakat, minat, serta kondisi pribadi. Kegiatan ini meliputi penempatan kelas, program studi, pilihan ekstra kurikuler, magang, serta kelompok belajar.
Layanan bimbingan belajar merupakan layanan bimbingan dan konseling yang memungkinkan peserta didik mengembangkan diri berkenaan dengan sikap dan kebiasaan belajar yang baik, materi belajar yang cocok dengan kecepatan dan kesulitan belajarnya, sesuai dengan perkembangan ilmu teknologi, dan kesenian.
Layanan konseling perseorangan merupakan layanan bimbingan dan konseling yang memungkinkan peserta didik dapat langsung brtatap muka dengan guru pembimbing dalam rangka pembahasan dan pengentasan permasalahannya.
Layanan bimbingan kelompok merupakan layanan bimbingan dan konseling yang memungkinkan sejumlah peserta didik secara bersama-sama memperoleh berbagai bahan dari narasumber tertentu, yang berguna untuk menunjang kehidupan sehari-hari baik sebagai individu maupun sebagai pelajar. Layanan ini meliputi tiga fungsi yaitu informatif, pengembangan, dan preventif.
Layanan konseling kelompok merupakan layanan bimbingan dan konseling yang memungkinkan peserta didik memperoleh kesempatan untuk pembahasan dan pengentasan permasalahan yang dialaminya melalui dinamika kelompok. Dinamika kelompok tersebut adalah suasana hidup yang berdenyut, bergerak, berkembang, yang ditandai dengan adanya interaksi antar sesama anggota kelompok.

Explore posts in the same categories: Kajian

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: