Peranan Guru dalam Meningkatkan Kreativitas

Kreativitas sangat dibutuhakn bagi seorang guru, karena bila seorang guru kreatif maka akan memerikan dampak yang positif pula pada murid. Ada sebuah istilah yang sangat populer ”guru kencing berdiri murid kencing berlari” hal ini mengandung makna bahwa jika gurunya kreatif maka kemungkinan besar akan menjadikan murid lebih kreatif.

Siswa yang kreatif akan belajar kreatif pula, belajar kreatif itu sangat penting sebagaimana yang dikemukan oleh Treffin¬ger yang dikutip Conny Semiawan dkk yang memberikan empat alasan mengapa belajar kreatif itu penting. 1) Belajar kreatif membantu anak menjadi lebih berhasil guna jika kita tidak bersama me-reka. 2) Belajar kreatif menciptakan kemungkinan-kemungkinan untuk memecahkan masa¬lah yang tidak mampu kita ramalkan, yang timbul dimasa depan. 3) Belajar kreatif dapat menimbulkan akibat yang besar dalam kehidupan kita. 4) Belajar kreatif dapat menimbulkan kepuasan dan kesenangan yang besar.

Beberapa alasan mengapa kreativitas perlu dipupuk dan dikembangkan dalam diri anak: Pertama, karena dengan berkreasi orang dapat mewujudkan dirinya, dan perwujudan dirinya itu termasuk salah satu kebutuhan pokok dalam hidup manusia. Seorang ahli, Maslow, yang menye¬lidiki sistem kebutuhan manusia menekan bahwa kreativitas merupakan menifestasi dari individu yang berfungsi sepenuhnya dalam perwujudan dirinya. Kedua, kreativitas atau berfikir kreatif, sebagai kemampuan untuk melihat bermacam-macam kemungkinan penyelesaian terhadap suatu masalah, merupakan bentuk pemikiran yang pada saat ini masih kurang mendapat perhatian da¬lam pendidikan formal. Ketiga, bersibuk diri secara kreatif tidak hanya bermanfaat, tetapi juga memberikan kepuasan pada individu. Ini tampak sekali jika kita mengamati anak-anak yang se¬dyang asik bermain balok-balok kayu atau bahan-bahan permainan kontruktif lainnya. Mereka tidak mau diganggu seolah-olah tidak bosan-bosan setiap kali membuat kombinasi baru dari ba¬lok-baloknya.

Demikian pula hal ini berlaku pada oryang dewasa. Keempat, kreativitaslah yang memungkinkan manusia maningkatkan kualitas hidupnya. Dalam era ini tak dipungkiri bahwa kesejahteraan dan kejayaan masyarakant dan negara kita tergantung pada sumbangan kreatif, be¬rupa ide-ide baru, penemuan-penemuan baru, dan teknologi baru dari anggot masyarakantnya. Untuk mencapai hal ini, perlulah sikap dan prilaku dipupuk sejak dini, agar anak didik kelak ti¬dak hanya menjadi konsumen pengetahuan, namun mampu menghasilkan pengetahuan baru, ti¬dak hanya pencari kerja, namun mampu menciptakan lapangan baru (wiraswasta).

Tentu bukan hanya siswa yang harus kereatif, tapi guru sebagai pendi¬dik tent harus lebih kreatif dari murid, jika pendapat diatas dibalik pentingnya kreativitas bagi seorang murid akan menjadi pentingnya kreativitas bagi seorang guru yaitu : Pertama, kreativi¬tas merupakan salah satu kreasi manusia dengan berkreasi orang dapat mewujudkan dirinya, dan perwujudan dirinya itu termasuk salah satu kebutuhan pokok dalam hidup manusia. Seorang ahli, Maslow, yang menyelidiki sistem kebutuhan manusia menekan bahwa kreativitas merupakan menifestasi dari individu yang berfungsi sepenuhnya dalam perwujudan dirinya.

Kedua, kreati¬vitas atau berfikir kreatif, sebagai kemampuan untuk melihat bermacam-macam kemungkinan penyelesaian terhadap suatu masalah, merupakan bentuk pemikiran yang pada saat ini masih ku¬rang mendapat perhatian dalam pendidikan formal.hal ini sangat penting bagi guru karena den-gan kreatifitas yang tinggi seorang guru akan memberikan solusi tak terbatas terhadap berbagai persoalan murid

Ketiga, bersibuk diri secara kreatif tidak hanya bermanfaat, tetapi jug memberi-kan kepuasan pada individu. Ini tampak sekali jika kita mengamati anakanak yang sedang asik bermain balok-balok kayu atau bahan-bahan permainan kontruktif lainnya. Mereka tidak mau diganggu seolah-olah tidak bosan-bosan setiap kali membuat kombinasi baru dari balok-balok¬nya. Demikian pula hal ini berlaku pada seorang guru.

Keempat, kreativitaslah yang memungkin¬kan manusia maningkatkan kualitas hidupnya. Dalam era ini tak dipungkiri bahwa kesejahteraan dan kejayaan masyarakant dan negara kita tergantung pada sumbangan kreatif, berupa ide-ide baru, penemuan-penemuan baru, dan teknologi baru dari anggota masyarakantnya. Untuk men¬capai hal ini, perlulah sikap dan prilaku dipupuk sejak dini oleh guru, agar anak didik kelak tidak hanya menjadi konsumen pengetahuan, namun mampu menghasilkan pengetahuan baru, tidak hanya pencari kerja, namun mampumenciptakan lapangan baru.

Explore posts in the same categories: Kajian

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: