Istilah-Istilah dalam Pendidikan 4

Sumber Belajar memiliki enam jenis yaitu (1) pesan (message) yang meliputi pesan formal dan nonformal (2) orang (people) yang secara umum dapat dibagi dua  kelompok yaitu kelompok orang yang didesain khusus sebagai sebagai sumber belajar utama, kelompok yang kedua adalah orang yang memiliki profesi selain tenaga yang berada dilingkungan pendidikan dan profesinya tidak terbatas (3) bahan (matterials)yaitu merupakan suatu format yang digunakan untuk menyimpan pesan pembelajaran (4) alat (device) berupa benda-benda yang berbentuk fisik, sering disebut juga dengan perangkat keras (hardware) (5) teknik yaitu cara (prosedur) yang digunakan orang dalam memberikan pembelajaran guna tercapai tujuan pembelajaran (6) latar(setting) yaitu lingkungan yang ada didalam sekolah maupun lingkungan yang ada diluar sekolah, baik yang sengaja dirancang maupun yang tidak secara khusus disiapkan untuk pembelajaran.

Media merupan wadah dari pesan yang oleh sumber pesan ataupun penyalurnya ingin diteruskan kepada sasaran atau penerima pesan tersebut.

Media Pembelajaran adalah berperan sebagai wahana penyalur pesan atau informasi belajar sehingga mengkondisikan seseorang untuk belajar.

Sejumlah pertimbangan dalam memilih media pembelajaran yang tepat dapat kita rumuskan dalam satu kata ACTION yaitu akronim dari  access, cost, tehnology, organization, dan novelty.

Internet adalah sebuah jaringan global yang merupakan kumpulan dari jaringan-jaringan computer diseluruh dunia. Internet mempermudah para pemakainya untuk mendapatkan informasi-informasi di dunia cyber, lembaga-lembaga milik pemerintah dan institusi pendidikan dengan menggunakan komunikasi protocol yang terdapat pada computer.

Pembelajaran adalah suatu proses kegiatan yang dilakukan oleh individu untuk memperoleh suatu perubahan perilaku yang baru secara keseluruhan sebagai hasil dari pengalamannya sendiri dalam berinteraksi dengan lingkungan.

Perencanaan Pembelajaran (deign insrtuctional) adalah merupakan penjabaran oprasional dari kurikulum sedangkan aplikasi dari perencanaaan akan terlihat dalam kegiatan pembelajaran. Perenceanaan pembelajaran memiliki peran yang sangat penting dalam proses pembelajaran, terutama sebagai alat proyeksi kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan selama pembelajaran. fungsi perencanaan pembelajaran sebagi pedoman atau panduan kegiatan, menggambarkan hasil yang akan dicapai sebagai alat control dan evaluasi. Bentuk perencanaan pembelajaran adalah silabus pembelajaran dan rencana pelaksanaan pembelajaran.

*Sumber : Rusman, Glosarium, Manajemen Kurikulum, Jakarta : Rajawali Pers, 2009

Explore posts in the same categories: Kajian

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: