Istilah-Istilah dalam Pendidikan 5

Kinerja Guru adalah wujud prilaku atau kegiatan guru dalam proses pembelajaran, yaitu bagaimana seorang guru merencanakan pembelajaran melaksanakan kegiatan pembelajaran dan menilai hasil belajar, indicator jabatan fungsional kinerja guru sesuai dengan rincian kegiatan yang terdapat SK Menpan No 84/1993, dilakukan dengan menfokuskan pada unsur kegiatan, pendidikan, pengembangan profesi, dan kegiatan penunjang proses pembelajaran dan bimbingan.

Kualitas Kinerja Guru adalah wujud prilaku atau kegiatan yang dilaksanakan dan sesuai dengan harapan dan kebutuhan atau tujuan yang hendak dicapai secara efektif dan efisien. Untuk mencapai hal tersebut, seringkali kinerja guru dihadapkan pada berbagai hambatan/kendala sehingga pada akhirnya dapat menimbulkan bentuk kinerja yang kurang efektif.ukuran kualitas kinerja guru dapat dilihat dari produktivitas pendidikan yang telah dicapai menyangkut output siswa yang dihasilkan.

Abilitas Guru adalah suatu karakteristik umum dari seseorang yang berhubungandengan pengetahuan dan keterampilan yang diwujudkan melalui tindakan. Abilitas seorang guru secara aplikatif indikaatornya dapat digambarkan melalui delapan keterampilan mengajar (teaching skills), yakni: keterampilan bertanya(questioning skills), keterampilan member penguatan (reinforcement skills),keterampilan mengadakan variasi, keterampilan menjelaskan (explaning skills),keterampilan membuka dan menutup pelajaran (set induction and closure skills),keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil, keterampilan mengelola kelas dan keterampilan pembelajaran individual.

Sertifikasi Guru adalah proses pemberian sertifikat pendidik untuk guru yang telah memenuhi standar kompetensi guru. Sertifikasi guru bertujuan untuk: (1) menentukan kelayakan guru dalam melaksanakan tugas sebagai agen pembelajaran dan mewujudkan tujuan nasional pendidikan, (2) meningkatkan proses dan mutu hasil pendidikan, (3) meningkatkan martabat guru, (4) meningkatkan profesionalisme guru, (5) meningkatkan kesejahteraan guru.

Portofolio adalah bukti fisik (dokumen) yang menggambarkan pengalaman berkarya atau prestasi yang dicapai dalam menjalankan tugas profesi sebgai guru dalam interval waktu tertentu.

*Sumber : Rusman, Glosarium, Manajemen Kurikulum, Jakarta : Rajawali Pers, 2009

Explore posts in the same categories: Kajian

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: